Depok Ada Layanan Zakat Mobile

DEPOK – Warga Depok dimanjakan dengan adanya fasilitas zakat mobile yang disediakan LAZ Zakat Sukses. Lembaga penyalur zakat ini memudahkan warga Depok yang ingin berzakat dengan sistem jemput bola.

“Jadi donatur hanya menginfokan pada kami kemudian kami menghampiri kepada donatur,” kata Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli di kantornya, Rabu (15/6/2016).

Teknisnya, donatur hanya tinggal mengirim pesan singkat melalui nomor 0857 1847 9067 atau call center (021) 2942 0214. Nanti akan ada petugas atau relawan yang menghampiri untuk mengambil zakatnya.

“Kita akan bawa mesin Electronic Data Capture (EDC). Ini sengaja kita lakukan untuk meminimalisir penerimaan secara tunai,” ungkapnya.

Pihaknya memprediksi ada 1,2 juta jiwa warga Depok yang akan berzakat dengan sistem ini. Kelebihan dari zakat melalui lembaga ini adalah dikeluarkannya bukti pembayaran yang bisa mengurangi Pendapatan Kena Pajak (PKP).

Bukti itu akan dikirimkan ke kantor pajak dan otomatis donatur akan mendapat keringanan PKP ketika lapor pajak. “Tidak semua lembaga zakat memiliki fasilitas ini,” katanya.

Dikatakan, bagi donatur tidak memiliki kartu debit,  donatur juga bisa berinfak dengan uang tunai. Sistem lain yang juga disediakan adalah transfer ke bank atau datang langsung ke gerai atau kantor LAZ Zakat Sukses. “Intinya kami ingin mempermudah donatur untuk berinfak,” ungkapnya.

Dikatakan Sunarto, target zakat tahun 2016 mencapai Rp12,5 miliar. Target ini empat kali lebih besar dari pencapaian tahun-tahun sebelumnya yang hanya Rp2-3 miliar.
“Pendistribusiannya 90 persen bagi warga Depok. Sisanya didistribusikan keluar Depok dan sampai Palestina juga,” katanya.

Roy, salah satu donatur mengaku terbantu dengan adanya layanan zakat mobile. Sehingga dirinya tidak harus datang ke mustahik atau ke kantor zakat.

“Sangat membantu sekali. Saya agak susah waktunya karena pekerjaan. Tapi dengan sistem ini justru kita yang disamperin dan langung bisa berzakat,” katanya.