CEO LAZ FORUM: Upaya Mengentaskan Kemiskinan Lewat Sinergi LAZ

Forum Zakat (FOZ) mengadakan pertemuan rutin tahunan pada 23 – 24 Oktober 2019 di Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta. Pertemuan ini bernama CEO LAZ Forum, dimana dihadiri oleh para Direktur – direktur Lembaga Amil Zakat yang tersebar di seluruh Indonesia. Para direktur tersebut nantinya akan membahas isu – isu pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui sinergi dibawah naungan FOZ dan BAZNAS selaku regulator.

Acara ini mengangkat tema “Menuju Arsitektur Baru Gerakan Zakat Indonesia”. Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, mengatakan tema besar tersebut bermakna bahwa mereka menginginkan semua Lembaga yang tergabung menjadi pemain utama, berapa pun sumber dana yang dimiliki. Selain itu juga mengingatkan, sumber dana yang mereka miliki merupakan potensi umat yang harus dikelola dengan amanah.

Di samping itu, Wakil ketua bidang III Sinergi dan Kolaborasi FOZ, Sigit Iko Sugondo mengungkapkan dalam kesimpulan forum, bahwa berdasarkan data dari Baznas, potensi zakat sebenarnya mencapai Rp 238 triliun, namun pada tahun lalu yang hanya terhimpun Rp 8 triliun oleh Baznas dan LAZ.

Namun menurut Sigit, mereka tidak boleh berburuk sangka, bisa jadi umat islam masih melakukan pembayaran zakat secara pribadi, tidak melalui lembaga. Untuk itu, LAZ diminta untuk mendorong masyarakat yang masih membayar zakat secara pribadi, agar pindah ke lembaga yang ada.

“Perlu meningkatkan literasi zakat masyarakat, bukan hanya dari aspek fikih. Tapi literasi zakat kita itu masuk tiga aspek, fikih, kewajiban berzakat segala macem. Kemudian, edukasi masyarakat tentang tata kelola dalam mengelola zakat. Ketiga aspek manfaat zakat kalau disampaikan pada lembaga zakat,” kata Sigit.

Ia mengungkapkan, lembaga zakat sudah memiliki prosedur dan ukuran tentang pendayagunaan zakat, yang lebih berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu hal ini perlu disampaikan dengan data.

Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses sedang menandatangani nota kesepahaman FOZ

Acara tersebut selain membahas aspek regulasi, juga menjadi momen bagi para direktur LAZ untuk mengisi komitmennya dalam andil mengentaskan kemiskinan. Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses turut hadir dalam acara tahunan FOZ ini. Beliau mengatakan bahwa sinergi ini perlu dilakukan, mengingat pengentasan kemiskinan tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi harus dilakukan oleh semua aspek.