Bersama Zakat Sukses dan komunitas ITJ, serukan peduli asap di Riau

Akhir – akhir ini kabut asap melanda beberapa titik daerah di Indonesia. Kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan menyebabkan tingginya polusi udara dan berkurangnya jarak pandang berkendara. Tak sedikit juga masyarakat yang mulai terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) mulai dari anak – anak hingga dewasa.

Riau menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mengalami kendala kabut asap. Hampir setiap tahun Riau menjadi “langganan” masalah kabut asap ini. Info yang didapat terakhir dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pada 18 September 2019 tercatat bahwa Riau memiliki polusi udara yang sudah mencapai batas berbahaya. Kondisi ini sangat membahayakan dan juga mengganggu aktivitas masyarakat .

Terpanggil akan hal tersebut, LAZ Zakat Sukses bersama komunitas ITJ (Indonesia Tanpa JIL) mengadakan kerjasama berupa acara seminar pranikah dan gerakan peduli Riau, Sabtu 21 September 2019. Dalam acara tersebut diisi oleh Ummu Balqis dan Ustadz Dedi Martoni selaku pemateri tentang manajemen keluarga dan persiapan pernikahan. Sedangkan gerakan peduli Riau diisi oleh Bani Ahmad Djaelani dari tim Zakat Sukses.

Para peserta berfoto bersama dengan pemateri dan panitia

Acara yang bertempat di Gedung Aula Gema Insani Press, Kota Depok itu berlangsung dari pagi hari pukul 09.00 hingga menjelang adzan Dzuhur. Peserta yang berjumlah kurang lebih 40 orang itu cukup memadati Gedung Aula Gema Insani Press.

Di akhir acara ditutup dengan foto bersama dan juga penghitungan donasi. Dalam acara tersebut terkumpul donasi sebesar Rp. 539.300 rupiah. Diharapkan donasi yang terkumpul dapat menjadi manfaat bagi saudara – saudara Indonesia yang berada di Riau sana yang sedang kesusahan dan membutuhkan akses udara segar.