Bersama Donatur Zakat Sukses Bangun Wakaf Sumur Untuk Palestina


DEPOK, www.zakatsukses.org- Krisis air bersih yang melanda Palestina menjadi permasalahan serius bagi masyarakat, terutama di Kota Gaza, Gaza Utara, Middle Area, Rafah, Jabalia, dan masih banyak daerah lainnya. Selama ini, daerah tersebut mengandalkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air harian mereka.

Salah satu daerah yang mengalami krisis air bersih yaitu Jabalia tepatnya di Masjid Al-Hassan bin Ali mendapatkan bantuan berupa wakaf sumur dari Lembaga Amil Zakat Sukses Depok. Masjid Al-Hassan bin Ali menjadi tujuan banyak jamaah di Kota Jabalia untuk beribadah dan belajar dikarenakan lokasi masjid yang jauh dari masjid lainnya. Setiap harinya, Masjid Al-Hassan bin Ali dikunjungi lebih dari 500 jemaah.

Pihak Direktorat Utilitas Air Perkotaan Palestina Monther Shublaq mengatakan untuk memperbaiki keadaan air di Gaza satu per satu langkah perlu dilakukan, seperti perencanaan desalinasi, penampungan air hujan, sistem limbah desalinasi air laut dan infrastruktur. Oleh karena itu, pembangunan sumur wakaf pada salah satu daerah tersebut sudah tepat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Sumur Wakaf dengan kedalaman 56 meter ini mampu menghasilkan dan menyuplai air bersih sebanyak 10.000 liter air perjam. Pembangunan sumur wakaf di Palestina yang disupport Zakat Sukses dianggap sebagai salah satu proyek berstandar tinggi dengan penggunaan material dan perangkat berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Selain itu, sumur wakaf Palestina dilengkapi dengan prasasti sebagai bentuk apresiasi kepada Zakat Sukses selaku wakif.

Sumur wakaf Palestina juga dilengkapi dengan koneksi pipa saluran bawah tanah yang mampu menyuplai air bersih melalui keran-keran masjid sehingga semakin memudahkan masyarakat Jabalia dalam mengakses air bersih terutama jamaah Masjid Al-Hassan bin Ali.

“Sebelum adanya wakaf sumur ini, kami hanya mendapatkan air sekali dalam 3 hari, dan menyimpanya di tangki air. Bahkan seringkali kami tidak mendapatkan air. Terkadang, kami berangkat untuk beribadah di masjid namun tidak mendapatkan air untuk wudhu sehingga kami pergi ke tempat lain dengan sebotol air untuk berwudhu. Dengan dibangunnya wakaf sumur di wilayah tersebut, kami sekarang dapat memanfaatkannya untuk keperluan lainnya seperti berwudhu atau mandi”, ujar Mohammed Barghout salah satu masyarakat Kota Jabalia.

Mari bersama kita doakan agar kondisi Palestina dapat membaik dan sumber air bersih dapat merata di daerah Palestina. Bagi teman-teman yang ingin membantu Palestina, bisa berdonasi melalui kami, Insya Allah dengan menolong sesama ummat islam pahala sebagai gantinya, Aamin…