kegiatan pkm zakat sukses

Terapkan SDGs Nomor 3, Zakat Sukses Adakan PKM di RW 22 Mekarjaya


Tujuh bulan sudah Zakat Sukses layani cek pemeriksaan kesehatan GRATIS di RW 22 Mekarjaya. Sejak dimulai akhir Juni 2022 lalu, ZS selalu berkomitmen penuh untuk menjadikan RW 22 Mekarjaya tercegah dari penyakit tidak menular (PTM). Meskipun sudah jalan tujuh bulan, periksa kesehatan ini akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan di wilayah Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Selama tujuh bulan lamanya, kondisi warga RW 22 Mekarjaya pun berubah menuju lebih baik. Di setiap bulannya, hasil pemeriksaan kesehatan tersebut menjadi tolok ukur bagi warga RW 22 untuk mengubah perilaku hidup mereka menjadi lebih sehat. Seperti pada bulan Juni lalu, tenaga kesehatan tim relawan ZS bernama Alfin Heriagus mengedukasi salah satu peserta Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) di wilayah tersebut untuk membatasi konsumsi gorengan berlebih guna mencegah peningkatan hasil kolesterol.

Terbukti, pada satu bulan setelahnya, atau tepatnya di bulan Juli, terjadi perubahan signifikan dimana peserta tersebut berhasil memperoleh hasil kolesterol yang normal. Hasil ini menunjukkan edukasi dari tenaga kesehatan dari ZS cukup berpengaruh besar dalam merubah pola hidup warga RW 22 Mekarjaya ke arah yang lebih positif. Peserta PKM yang mayoritas diikuti oleh lansia mampu mendengarkan dan memahami edukator dari tim tenaga kesehatan LAZ Zakat Sukses.

Pada Rabu (21/12/2022), di Posbindu Mawar, LAZ Zakat Sukses kembali melakukan pemeriksaan kesehatan di bulan ke-tujuh untuk warga sekitar di sana. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi asam urat, gula darah sewaktu, dan kolesterol. Meskipun hasil pemeriksaan kesehatan mengalami perkembangan pesat di setiap bulannya. Namun, mayoritas permasalahan utama dari warga RW 22 Mekarjaya tetap sama, yaitu hasil kolesterol yang melampaui batas normal.

Walau demikian, dilihat dari semangat dan antusias dari warga RW 22 Mekarjaya, mereka pun yakin suatu saat nanti akan mendapatkan hasil terbaik untuk pemeriksaan kolesterol. Dari hasil observasi tim LAZ Zalat Sukses selama tujuh bulan, terdapat beberapa faktor mengapa warga RW 22 Mekarjaya memiliki hasil kolesterol yang cukup tinggi. Sebagian diantaranya karena masih tergoda dengan makanan jeroan, kuning telur, sarden, kulit ayam, dan fast food. Padahal, jenis makanan tersebut dapat meningkatkan dan memicu tingginya kolesterol.

Akibatnya, mereka sering mengalami kram, kesemutan, nyeri dada, mudah mengantuk, pegal di area pundak, dan nyeri di bagian kaki. Seperti salah satunya gejala kesemutan, hal tersebut terjadi dikarenakan tidak lancarnya pasokan aliran darah secara optimal. Hal ini terjadi akibat adanya kolesterol dalam tubuh individu tersebut. Untuk mencegah hal itu, LAZ Zakat Sukses memberikan informasi tambahan berupa pamflet yang dapat dibawa pulang oleh warga RW 22 Mekarjaya untuk dipelajari lebih lanjut di rumah masing-masing.

Ketua Posbindu Mawar RW 22 Mekarjaya Ibu Harlita mengungkapkan, saat ini kader-kadernya mulai terbiasa secara mandiri melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada warganya. Hal ini tak lepas dengan adanya bantuan Zakat Sukses pada dua bulan lalu yang menyelenggarakan pelatihan seputar penggunaan alat pemeriksaan kesehatan seperti asam urat, kolesterol, dan gula darah sewaktu. Meski demikian, pada pelaksanaannya, tenaga kesehatan dari Zakat Sukses tetap memantau kegiatan tersebut sebagai edukator dan tempat konsultasi bagi warga RW 22 yang ingin bertanya.

Menambahkan Ibu Harlita, Bendahara Posbindu RW 22 Mekarjaya bernama Ibu Rohmatin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim LAZ Zakat Sukses yang selalu support dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Di bulan Desember 2022 ini, Ibu Rohmatin mengatakan, Zakat Sukses telah berkontribusi selama tujuh bulan dalam melayani warga RW 22 melalui program Pelayanan Kesehatan Masyarakat secara gratis. Kedepannya, Ibu Rohmatin berharap sinergi ini dapat terus berlanjut agar RW 22 warganya semakin sehat dan kuat.