Berdayakan Desa Cikoneng, LAZ Zakat Sukses bersama SDI Ramah Anak Berikan 200 paket Pendidikan

Pada tanggal 23 – 25 Desember 2019, LAZ Zakat Sukses bersama SDI Ramah Anak (SDIRA) mengadakan kunjungan ke Desa Cikoneng, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Kunjungan ini merupakan salah satu program pengenalan murid terkait kehidupan para pemetik teh di Desa Cikoneng. Selain itu, diadakan juga bakti sosial, bazaar baju layak pakai, dan juga penyaluran bantuan paket pendidikan oleh LAZ Zakat Sukses kepada warga Cikoneng yang memang tergolong masyarakat terpencil dan kurang mampu.

Berada diantara dua gunung di Jawa Barat, yakni Gunung Pangrango dan Gunung Kencana membuat Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor selalu bersuhu dingin. Desa ini memiliki panorama yang sangat indah karena selain berada di daerah pegunungan juga karena di desa ini terhampar kebun teh yang sangat luas.

Desa Cikoneng ini merupakan desa yang cukup terpencil. Untuk mengaksesnya diperlukan waktu sekitar 40 menit untuk sampai disana setelah melewati jalur puncak, Bogor. Jalanan di desa ini hanya disusun batuan kali dan tanah sehingga cukup berbahaya apabila hujan turun. Di desa ini terdapat 3 RT yang masing – masing berjarak cukup jauh, untuk mengaksesnya pun harus mengelilingi bukit teh yang terhampar luas. Dalam satu RT hanya ada sekitar 80 keluarga yang dimana seluruhnya merupakan pekerja pemetik teh yang pendapatan perbulannya sangat minim.

Di dalam desa ini sangat minim fasilitas umum, misalnya sekolah saja hanya ada satu, yaitu SDN Cikoneng yang terletak di RT 2, Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor. Anak – anak yang tinggal selain di RT 2 harus berjalan kaki cukup jauh untuk sekedar menimba ilmu setiap harinya. Terkadang apabila beruntung mereka dapat menumpang truk pengangkut daun teh untuk menuju ke sekolah. Namun apabila kurang beruntung mereka terpaksa harus menyusuri jalan berbatu nan menanjak untuk mendapat ilmu.

Anak – anak yang bersekolah di SDN satu – satunya di Desa Cikoneng ini sangat terbatas dalam hal fasilitas pendidikan. Mengingat jarak ke kota sangat jauh, membuat mereka cukup sulit dalam membeli perlengkapan sekolah. Padahal, alat kelengkapan sekolah menjadi penunjang mereka dalam menimba ilmu demi cita – cita.

pemberian tas kepada murid SDN cikoneng (merah) dari SDIRA (biru)

Oleh karena itu, LAZ Zakat Sukses bersama SDIRA mencoba membantu dengan memberikan bantuan paket pendidikan berupa tas sekolah beserta alat kelengkapan sekolah seperti buku, pulpen, pensil, penggaris, penghapus, dan lainnya. Bantuan pendidikan sebanyak 200 paket tersebut diberikan kepada murid SDN Cikoneng. Bantuan diberikan langsung oleh murid SDIRA kepada murid SDN Cikoneng untuk menumbuhkan rasa berbagi kepada murid SDIRA. Selain itu, penyerahan simbolis diberikan langsung oleh Kepala Sekolah SDI Ramah Anak, Bapak Hanisman kepada Bapak Rudi M.S selaku Kepala Sekolah SDN Cikoneng.

Bapak Rudi M.S selaku Kepala Sekolah SDN Cikoneng mengaku sangat senang atas bantuan paket pendidikan yang diberikan. Beliau menambahkan bahwa untuk membangun pendidikan di Desa Cikoneng membutuhkan usaha yang besar. Dirinya sangat berterima kasih kepada LAZ Zakat Sukses dan SDIRA atas bantuan yang diberikan. Beliau berharap semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi anak – anak Desa Cikoneng.