Berbagi Di Jalan Lewat Jumat Berbagi

Esensi berbagi ialah ketika dapat melihat orang lain bahagia dengan apa yang kita berikan, meski hanya dengan hal yang paling sederhana, karena berbagi tak perlu menunggu hingga kita berkecukupan. Hanya dengan sedikit hal sederhana yang kita punya, mungkin akan berarti banyak bagi orang lain.

Senada dengan hal tersebut, LAZ Zakat Sukses bersama Forsilma mengadakan sedekah dengan membagikan makanan pada Ju’mat, 11 Oktober 2019. Kegiatan tersebut sekaligus disinergikan dengan Program LAZ Zakat Sukses bernama Jumat Berseri. Jumat Berseri adalah program sedekah mingguan berupa satu porsi nasi beserta lauknya setiap hari Jumat.

Masjid Al Izhar, Sukmajaya, Kota Depok menjadi destinasi kegiatan LAZ Zakat Sukses dan Forsilma tersebut. Sasaran penerima sedekah tersebut adalah para jamaah Masjid Al Izhar. Pembagian dilakukan setelah sholat Jumat dilaksanakan. Makanan dibagikan di depan pintu keluar masjid secara satu persatu.

Tak hanya di Masjid Al Izhar, pembagian juga dilakukan di depan Perumahan Griya Asri. Di titik tersebut, makanan diberikan kepada para pejuang rupiah yang ada di jalan. Pejuang tersebut yaitu ojek online, tukang becak, dan juga tukang parkir.

Para penerima sedekah merasa senang atas pemberian tersebut. Mereka juga menganggap kegiatan ini sangat bermanfaat, karena bisa jadi salah satu penerima belum makan pada hari itu dan terbantu karena mendapat makanan dari Jumat Berseri.

Program Jumat Berseri LAZ Zakat Sukses ini merupakan program yang siapa saja dapat menerima manfaatnya. Program ini juga membuka akses kolaborasi kepada siapapun yang ingin berbuat kebaikan. Mulai dari lembaga, perorangan, ataupun komunitas-komunitas yang ingin mengadakan kegiatan sosial namun terbatas pada aksesibilitas dan tenaga.