Baznas Santuni Ratusan Pramubakti

Zakat Sukses – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, menyatuni ratusan pramubakti, kemarin. Pembagian zakat tersebut meliputi petugas kebersihan, office boy, petugas pekerjaan umum, petugas pengamanan dan petugas perhubungan di Balaikota Depok.

Ketua Baznas Kota Depok, Encap Hidayat mengatakan, Pemberian ini dimaksudkan untuk membantu persiapan masyarakat menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang datang beberapa hari lagi.

“Masyarakat yang diberikan merupakan usulan dari unit pengumpul zakat (UPZ) di Kecamatan-kecamatan dan para pekerja pramubakti di Balaikota Depok,” katanya usai memberikan santunan.

Santunan diberikan kepada 600 orang dan berupa 350 amplop serta 250 paket bingkisan lebaran, yang diberikan secara terpisah kepada masing-masing penerima. “Anggaran yang digunakan merupakan dana zakat yang telah dikumpulkan Baznas Kota Depok selama tahun 2017 ini,” lanjut Encep.

Kegiatan ini, lanjut Encep, merupakan puncak kegiatan dari rangkaian kegiatan Baznas Kota Depok selama ramadan tahun ini. Kegiatan-kegiatan lain yang telah dilakukan Baznas selama ramadan ini, yakni : Takjil on the road, bantuan sarana kebersihan masjid, terawih keliling bersama walikota, santunan dan buka bersama bekerja sama dengan komunitas dan yayasan.

“Kami akan terus berinovasi dan berkontribusi dalam menyalurkan dan mendayagunakan potensi masyarakat melalui zakat yang telah para muzakki percayakan untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Kota Depok,” katanya.

Tak hanya santunan, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Baznas Kota Depok dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses. Penandatangan tersebut didasari oleh keinginan bersama untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Depok.

“Kami ingin bersinergi untuk gerakan kebangkitan zakat di Kota Depok, dan kami sudah bersepakat untuk pengembangan portal donasi untuk pemberdayaan dhuafa di Kota Depok yakni “depokberdaya.id”,” bebernya.

Encep menegaskan, agar sinergi kedua lembaga ini dapat menggerakkan, membangkitkan kesadaran umat untuk berzakat melalui lembaga. Lebih lanjut beliau menyatakan agar lembaga-lembaga amil zakat yang ada di Kota Depok untuk saling bekerja sama dengan Baznas untuk membuat program pemberdayaan bagi warga miskin Kota Depok.

“Kami berharap lembaga-lembaga amil zakat yang ada di Kota Depok sama-sama menunjukkan kiprahnya membangun Kota Depok yang kita cintai ini,” ungkap Encep

Wakil Ketua IV Baznas Kota Depok, Eko Nugroho, mengatakan, portal tersebut dibangun dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, khususnya dengan pendekatan pemberdayaan.

“Nantinya, portal donasi tersebut ditujukan untuk membangun kualitas sumber daya manusia melalui program pemberdayaan, seperti pemberdayaan ekonomi bukan santunan (charity)” kata Eko.

Adapun ruang lingkup pembangunan portal donasi ini, lanjut Eko, meliputi kegiatan Sosialisasi dan edukasi serta kampanye bersama melalui amil resmi (Baznas dan Laz), dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Kota Depok, penguatan kelembagaan pengelola (amil) zakat dalam memberdayakan masyarakat, optimalisasi pendayagunaan zakat dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat, “serta sinergi antar semua pemangku kepentingan (stakeholder) perzakatan untuk mewujudkan tujuan pengelolaan zakat di Kota Depok,” pungkasnya.

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses menyatakan, sesuai misinya, LAZ Zakat Sukses ingin terus berkontribusi bersama pemerintah kota Depok dalam hal ini Baznas Kota Depok dalam mensosialisasikan kesadaran Berzakat.

“kita bisa bersama-sama berkontribusi membangun masyarakat Kota Depok yang lebih sejahtera dengan cara menghubungkan antara keluarga yang berkelebihan harta dengan keluarga yang membutuhkan,” katanya.

TRANSFER DONASI :

Bank Syariah Mandiri : 703 9797 498
Bank Mega Syariah : 100 0136 126
Bank DKI Syariah : 705 091 111
BRI Syariah : 100 5856 333
BNI Syariah : 828 111 1111

KONFIRMASI TRANSFER 0822 11627700

AN. YAYASAN ZAKAT SUKES

@zakatsukses

#SahabatZakatMenebarManfaat #ZakatSukses #RamadhanBerseri #BekerjaBersamaUntukGerakanZakatIndonesia

Head Office :
Jl. KH. M. Yusuf Raya No. 95
Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya-Depok
Telp. (021) 771 0964, WA Center 082211627700