Bantu Pemulihan Bencana Banjir, LAZ Zakat Sukses Bersama UMJ Salurkan Bantuan

Saat musim penghujan tiba, bencana banjir dapat menjadi sebuah ancaman yang patut diwaspadai oleh warga sekitar apabila saluran air tidak sanggup menampung peningkatan debit air.

Saat musim penghujan tiba, bencana banjir dapat menjadi sebuah ancaman yang patut diwaspadai oleh warga sekitar apabila saluran air tidak sanggup menampung peningkatan debit air. Tidak hanya berdampak pada risiko kerusakan fasilitas umum maupun hunian pribadi, kehadiran banjir juga berpotensi terhadap risiko penurunan keadaan sanitasi dan kesehatan lingkungan maupun ketersediaan kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan.

Seperti yang terjadi di Kampung Muara 1, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pada tanggal 21 September 2020 pukul 16.30, hujan berintensitas tinggi yang turun di sore itu alih-alih menghadirkan keceriaan justru berbalik menimbulkan rasa sedih akibat bencana banjir bandang yang menerjang. Lokasinya yang terletak dekat dengan muara pertemuan dua sungai, menyebabkan banyak kerusakan yang tak terelakan pada bangunan, harta benda, kolam ternak ikan, hingga segala perlengkapan yang ada di mushola serta Pondok Pesantren Talimul Qur’an yang bertempat di desa tersebut. Meski begitu, beruntung tidak ada korban jiwa yang timbul akibat bencana tesebut.

Melihat kejadian tersebut, sebagai bentuk kepedulian pada hari minggu, 3 Oktober 2020, LAZ Zakat Sukses berkolaborasi dengan HMP Mazawa UMJ menyalurkan beberapa kebutuhan pascabencana yang diperlukan oleh warga khususnya kepada para penghuni pesantren. Aspek kebutuhan yang disalurkan berupa sembako, nasi kotak, mukena, sarung, karpet, popok bayi, dan detergen.

Bantuan yang diberikan sangat berarti bagi warga yang terkena dampak banjir. Para warga sangat berterima kasih kepada para donatur yang memberikan perhatian dan kepeduliannya melalui LAZ Zakat Sukses, HMP Mazawa UMJ, serta berbagai pihak lain yang juga terlibat dalam penyaluran ini. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang telah diberikan dan warga Kampung Muara 1, Desa Cibunian, dapat kembali bangkit serta beraktivitas seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *