Banjir Melanda Jember, LAZ Zakat Sukses Salurkan Paket Bantuan

Banjir yang melanda 13 Desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyebabkan 436 rumah warga dan beberapa fasilitas umum lainnya terkena dampak. Berdasarkan keterangan warga setempat, banjir tersebut disebabkan oleh kebocoran tanggul akibat curah hujan yang tinggi pada tanggal 12 Januari 2021. Pada awalnya hanya ada dua kecamatan yang terkena dampak banjir, akan tetapi hujan yang turun terus menerus cukup menghambat proses evakuasi dan membuat wilayah yang terkena dampak banjir kian meluas.

Pada hari Sabtu, 30 Januari 2021, tiga orang perwakilan LAZ Zakat Sukses melakukan pemberangkatan untuk mengadakan penyaluran di salah satu wilayah Kabupaten Jember yang terkena dampak cukup parah dari banjir bandang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada Alfian Febriansyah tanggal 4 Februari 2021, selaku salah satu perwakilan LAZ Zakat Sukses yang turut ikut dalam menyalurkan bantuan, lokasi tersebut tepatnya berada di Dusun Keraton, Desa Wonosari, Kecamatan Tempurejo.

Dengan membawa beberapa paket bantuan, perjalanan dari kota Depok, Jawa Barat, hingga memasuki Kabupaten Jember memakan waktu kurang lebih 15 jam. Didampingi oleh LAZ Rizki serta Pak Ilyas dan Pak Zuhari selaku relawan setempat, penyaluran bantuan diberikan langsung kepada warga yang terdampak banjir pada tanggal 1 Februari 2021. Bantuan yang diberikan terdiri dari 15 paket trauma healing (buku mewarnai, crayon, susu, dan biskuit), 30 paket gizi bubur kacang hijau, 40 paket bingkisan sembako (beras, gula, teh, dan telur), 15 paket sembako beras, serta 15 paket kesehatan biovit.

“Saya naik ke atap waktu banjir tinggi itu, ngungsi,” ujar salah satu warga. Beberapa korban memilih untuk naik ke atap rumah mereka ketika banjir setinggi 2,5 meter tersebut menerjang, tetapi ada juga yang segera mengungsi ke wilayah yang dianggap datarannya lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.

Dusun Keraton merupakan salah satu wilayah terdampak banjir Jember yang terletak di pedalaman desa, sehingga tidak banyak bantuan yang disalurkan langsung ke daerah tersebut karena lebih banyak bantuan datang dan disalurkan di pusat kota. Hal tersebut menghadirkan antusiasme yang tinggi dari warga korban banjir atas kehadiran LAZ Zakat Sukses, LAZ Rizki, serta relawan untuk memberikan bantuan kepada mereka. Saat itu kondisi banjir di sana telah surut dan memasuki tahap recovery pasca bencana, akan tetapi masih terlihat banyak fasilitas umum yang rusak seperti jembatan, pepohonan, jalan dusun, hingga sawah milik warga. Harapannya, semoga dengan adanya penyaluran ini para korban banjir di Dusun Keraton menjadi lebih terbantu dalam menjalani masa recovery pasca bencana dan aktivitas warga dapat kembali normal.

Referensi:

Azizah, N. (2021). Banjir Jember Meluar ke Enam Kecamatan. www.republika.co.id/