SDG's

Apakah Zakat dan SDGs Berjodoh?


Sebagai lembaga yang bergerak di sektor zakat, LAZ Zakat Sukses pastinya memiliki beberapa pilar utama seperti pendidikan, kesehatan, dakwah, pemberdayaan, dan sosial kemanusiaan. Dari lima pilar tersebut, terdapat beberapa program yang dilakukan LAZ Zakat Sukses sebagai upaya untuk mendukung Indonesia dan global dalam mewujudkan aksi SDGs (Sustainable Development Goals).

Apa itu SDGs ?

SDGs merupakan suatu rencana aksi global yang telah disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri angka kemiskinan, kesenjangan dan melindungi lingkungan. Dalam hal ini, LAZ Zakat Sukses turut mendukung tujuan SDGs seperti mengadakan beberapa program yang sejalan dengan SDGs seperti Sahabat Warung, Program Orang Tua Asuh, aksi penyaluran Bantuan Ekonomi Masyarakat terdampak COVID-19, dan masih banyak lainnya.

Tujuan diadakan program tersebut ialah tak lain untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka kelaparan dan kemiskinan, meningkatkan angka pendidikan, dan masih banyak lainnya. LAZ Zakat Sukses juga membuktikan keseriusannya untuk mendukung program SDGs dengan mengadakan webinar yang berjudul “Apakah Zakat & SDG’s Berjodoh?”. Webinar ini dilaksanakan bertepatan dengan acara Grand Launching ZS Academy.

Apa itu ZS Academy ?

ZS academy merupakan program pembelajaran dan pengembangan diri bagi amil dan stakeholder terkait untuk membudayakan semangat belajar dan diskusi sesama amil agar kapasitas diri dapat terus meningkat sepanjang waktu. Hal ini bermaksud supaya dapat berdampak pada peningkatan kualitas organisasi Zakat Sukses itu sendiri. Webinar ini juga telah menghadirkan dua narasumber kompeten yaitu Muhammad Hasbi Zaenal, Ph.D. (Kepala Pusat Kajian Strategis & Baznas RI) dan Fahmi Hakim, S. Hut., M.Si., (Tenaga Ahli Kebijakan Keanekaragaman Hayati Bappenas RI).

Webinar ini telah berlangsung pada hari Jumat, 17 September 2021 pukul 09.00 hingga 11.30 WIB melalui via zoom dimana pada kesempatan ini bapak Hasbi membahas mengenai literasi zakat, sedangkan pak Fahmi membahas tentang SDG’s.

Tujuan dari ZS Academy ini yakni untuk membudayakan semangat belajar dan diskusi sesama amil agar kapasitas diri terus meningkat sepanjang waktu untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan masa depan yang semakin beragam dan dinamis sehingga membutuhkan manusia yang mampu bersaing srta beradaptasi seiring perkembangan zaman.

Bentuk aktivitas dari ZS Academy ini berupa forum diskusi dengan tema tertentu yang akan dibahas dalam kelompok kecil. Dengan mengangkat jargon “Teman Belajar Bersama” diharapkan para staff merasa setara sehingga menumbuhkan keaktifan dan rasa gembira dalam proses pembelajaran.

Acara Grand Launching ini merupakan agenda awal sebagai pengantar atau garis start selama rangkaian ZS Academy 2021 ini. Materi yang disajikan ialah mengenai literasi zakat yang merupakan modal utama bagi amil sebuah lembaga zakat dan juga terkait SDG’s yang merupakan tujuan bersama negara di dunia.