5 Makna Qurban yang Bisa Kita Ambil dalam Kehidupan Sehari-Hari


5 makna qurban yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari hari

  1. Qurban mengajarkan skala prioritas dalam hidup kita
    Skala prioritas tentang siapa yang harus kita cintai dan utamakan dalam hidup. Pertama Allah SWT, kedua Nabi Muhammad SAW yaitu ajaran Islam yang dibawanya dan setelahnya baru yang lainnya, seperti orang tua, pasangan, anak-anak, dst.
    *tambahin juga tentang kepada siapa kita harus taat/tunduk, harus kerjakan perintah Allah dulu, baru setelahnya yang lain. seperti nabi Ibrahim yang taat sama perintah Allah untuk menyembelih anaknya.
  2. Qurban mengajarkan kita untuk tidak setengah-setengah dalam memberi
    Qurban adalah hadiah dari seorang hamba kepada Allah SWT, maka sebagai hadiah harus memberikan yang terbaik bukan yang buruk. Hewan qurban yang terbaik adalah yang gemuk, sehat dan tidak ada cacat.
  3. Qurban mengajarkan kita untuk tidak pilih-pilih dalam berbagi
    Qurban sebenarnya boleh dibagikan untuk siapa saja, tidak harus fakir miskin/dhuafa.
  4. Qurban mengajarkan kita untuk berlaku lemah lembut kepada sesama bahkan kepada binatang dan tumbuhan
    Dalam hadits dikatakan bahwa kita dianjurkan untuk menyembelih hewan dengan pisau yang sangat tajam dan menyembelih dalam satu kali tebasan. Agar hewan qurban yang disembelih tidak merasakan kesakitan yang berkepanjangan. *tambahin juga hadits lainnya
  5. Qurban mengajarkan kita untuk berterima kasih kepada Allah SWT
    Qurban adalah ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan rezeki yang kita dapatkan. Qurban adalah bentuk pengorbanan diri kita dengan memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah SWT dengan cara berbagi harta dan makanan berharga untuk sesama.

Kesimpulan
Qurban memiliki makna yang sangat mendalam yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terus ajakan untuk ikut mempersiapkan qurban tahun depan dengan ikut tabungan qurban dan daftar melalui https://zakatsukses.org/tabunganqurban