program muharram

3 Program Muharram Sehati 1444H yang Perlu Anda Tahu, Berbagi untuk Anak Yatim dan Janda Dhuafa

Mendapati bulan Muharram merupakan kenikmatan tersendiri bagi seorang mukmin. Karena bulan ini sarat dengan pahala dan ladang beramal bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan hari esoknya. Memulai awal tahun dengan ketaatan, agar pasti dalam melangkah dan menatap masa depan dengan optimis.

Sebagaimana perbuatan dosa pada bulan ini akan dibalas dengan dosa yang besar, maka begitu pula perbuatan baik. Bagi yang beramal shalih pada bulan ini ia akan menuai pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan Allah kepada para hambanya.

Di bulan Muharram ini, LAZ Zakat Sukses mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyatukan hati dalam berbagi dan memberikan senyuman kepada sesama khususnya para yatim/piatu, dhuafa, dan para janda lewat program kebaikan Muharram Sehati 1444 H.

Muharram Sehati 1444 H adalah sebuah rangkaian program yang bertujuan untuk membahagiakan para yatim dhuafa serta janda melalui tiga program, yaitu Wishlist Yatim, Bingkisan Muharram berupa Santunan dan Alat Sholat Untuk Janda, serta program Asuh Dari Jauh Batch 2.

wishlist yatim
Wishlist Yatim

1. Wishlist Yatim

Ditinggal sosok seorang ayah membuat mereka harus menahan keinginan – keinginan yang hadir dalam hati mereka. Entah itu baju bagus, sepatu warna – warni, atau sekedar menonton film kartun di bioskop.

Berdasarkan hal tersebut, LAZ Zakat Sukses menginisiasi sebuah program santunan yatim bernama Wishlist yatim. Dengan tagline “Mari Bahagiakan Yatim Dengan Wujudkan Keinginan Mereka”, LAZ Zakat Sukses memberikan kesempatan kepada mereka untuk merasakan kebahagiaan lewat mewujudkan keinginan kecil mereka.

Sejak 2020 hingga sekarang, sudah ada 150 Yatim dan dhuafa yang keinginannya tercapai. Di 2022 ini, total yatim yang mengajukan wishlist mereka ada sekitar 340 anak.

Dan kami yakin, dalam memenuhi keinginan 340 anak tersebut ada lebih dari 340 donatur yang bisa bergerak bersama kami untuk mewujudkan keinginan mereka. Termasuk Anda, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam program Wishlist Yatim dengan cara klik disini.

bingkisan muharram
Bingkisan muharram

2. Bingkisan Muharram

Menjadi orang tua tunggal merupakan hal yang sangat sulit. Mengurus anak, membersihkan rumah, serta harus berubah peran menjadi seorang kepala keluarga dengan mencari nafkah. Namun, perih dan getirnya hidup tak pernah mereka tampakkan kepada anak-anaknya. Senyum ikhlas selalu mereka sodorkan ketika anaknya menghampiri.

Dalam rangka membahagiakan mereka, LAZ Zakat Sukses menyalurkan paket alat sholat (mukena), Alquran, dan Uang Santunan kepada mereka. Alat sholat kami pilih sebagai bantuan penyaluran karena mereka lebih memilih membeli makanan pokok ketimbang mukena baru.

“Yang lama masih ada (walau kurang layak), jikapun ada rezeki saya mengutamakan anak-anak saya kenyang dulu, lalu listrik dan lainnya. Baru jika ada sisa saya mungkin akan membeli (mukena).” Ujar salah satu penerima manfaat LAZ Zakat Sukses.

Di tahun 2022 ini, LAZ Zakat Sukses in sya Allah akan menyalurkan sebanyak kurang lebih 100 paket Santunan kepada mereka. Semoga dengan adanya program ini mereka dapat sholat dengan khusyu dan nyaman khususnya di bulan Muharram ini. Ikut berbagi melalui program ini dengan cara klik disini.

asuh dari jauh
Asuh dari Jauh

3. Asuh dari Jauh

Asuh Dari Jauh merupakan program pemberdayaan yang berfokus kepada pengembangan karakter, kesehatan, dan juga pendidikan anak yatim dan dhuafa. Dinamakan “Asuh Dari Jauh”, program ini memberikan kesempatan untuk para donatur dalam membantu mereka secara personal dan memberikan rasa “mengasuh” mereka walau dari jauh.

Untuk saat ini, LAZ Zakat Sukses berfokus pada anak yatim dhuafa yang tersebar di Kota Depok. Dengan adanya program ini, diharapkan para yatim dhuafa dapat mendapatkan ilmu dan mendapatkan akses pendidikan serta kebutuhan hidup yang cukup layak seperti anak pada umumnya.

Program ini dimulai sejak tahun 2021 dengan 30 anak yatim dan dhuafa. Mereka diberikan uang santunan sebesar Rp500.000,- dan juga pengajaran setiap bulannya selama satu tahun.

Insya Allah di tahun 2022 ini LAZ Zakat Sukses kembali membuka program Asuh Dari Jauh Batch 2 dengan target penyaluran sebanyak 60 anak yang tersebar di Kota Depok. Ambil peran menjadi orang tua asuh dengan cara mendaftar di link berikut ini: bit.ly/daftarasuhdarijauh

Itu dia 3 Program Muharram Sehati yang dilaksanakan di tahun baru Islam 1444 H tahun ini. Semoga kita bisa meneladani akhlak Rasulullah saw yang senang berbagi dan menyayangi anak-anak yatim dan menyantuni kaum papa khususnya di bulan Muharram.

Semoga Allah menerima segala sedekah dan ikhtiar kita untuk mendekatkan diri pada-Nya. Yuk, ambil kesempatan ini sebelum terlambat. Selamat Tahun Baru Islam 1444 H, selamat berlomba-lomba dalam kebaikan, sahabat!